Usaha Kuliner Rumahan Minim Modal

Spread the love

Setiap akan membangun sebuah usaha pasti hal yang selalu diributkan selalu saja masalah modal. Sebenarnya kalian bisa memulai usaha asalkan ada niat, namun tidak dipungkiri dengan adanya modal tentu akan membuat usaha yang dijalankan akan lebih berkembang dibandingkan dengan yang tidak memiliki modal.

Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Namun apakah kalian tahu jika membuka usaha bisa dilakukan oleh siapa pun salah satunya yaitu ibu rumah tangga. Bagi kalian para ibu yang tidak memiliki pekerjaan namun memiliki bakat dalam memasak maka tidak ada salahnya jika kalian memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuka usaha kuliner dalam skala rumahan. Dengan begitu kalian bisa menambah penghasilan namun juga masih bisa menjalankan kewajiban kalian sebagai ibu rumah tangga yang menjaga anak-anak di rumah. Selain itu dengan membuka usaha di rumah kalian tidak perlu memikirkan sewa tempat yang tentunya akan sangat memakan biaya kalian nantinya.

Jenis Usaha Kuliner Rumahan

Bagi kalian yang mungkin merasa sedikit bingung soal usaha kuliner apa yang kalian harus jalankan. Selain bingung mengenai masalah macam usahanya kalian juga pasti bingung mengenai masalah modal. Kalian jangan khawatir karena berikut ini ada beberapa jenis usaha kuliner yang bisa kalian jalankan di rumah namun dengan modal yang tidak terlalu banyak. Sehingga usaha yang satu ini sepertinya akan sangat cocok bagi kalian yang tidak memiliki modal terlalu banyak. Adapun beberapa jenis usaha tersebut adalah sebagai berikut ini.

  • Bubur Ayam

Usaha yang pertama yaitu bubur ayam dimana makanan yang satu ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia dan biasanya disantap ketika sarapan. Sebenarnya usaha semacam ini akan sangat mudah untuk ditemukan terutama di tempat keramaian. Kalian bisa mencoba membuka usaha yang satu ini, selain tidak memerlukan modal yang terlalu banyak dan juga untuk membuatnya kalian tidak memerlukan keahlian khusus. Walaupun tergolong sederhana namun usahakan untuk membuat bubur ayam yang enak serta murah. Jika rasanya sudah enak maka banyak orang yang akan rela datang ke warung kalian hanya untuk menikmati bubur ayam tadi.

  • Usaha Nasi Kuning

Salah satu jenis masakan lain yang sering dijadikan sarapan selain bubur ayam yaitu nasi kuning ataupun nasi uduk. Keduanya sepertinya menjadi favorit untuk menu sarapan karena kalian akan mudah menemukannya dimana pun. Bagi kalian yang ingin membuka usaha ini tentunya modal yang harus kalian keluarkan tidak terlalu banyak bahkan dengan modal ratusan ribu saja sudah bisa membuat usaha tersebut. Selain murah meriah, bahan yang digunakan untuk membuat nasi uduk maupun nasi kuning tersebut sangat mudah untuk ditemukan di pasar tradisional bahkan warung dekat rumah.

  • Gorengan

Bagi kalian yang mungkin ingin usaha lebih praktis tanpa harus banyak menyiapkan bahan masakan, mungkin kalian bisa mencoba menjual gorengan. Gorengan sangat mudah untuk dibuat bahkan bahan yang digunakan juga sangat sederhana dan sebagian besar menggunakan terigu sebagai bahan pembuatnya. Kalian hanya perlu memperbanyak variannya saja seperti pisang goreng, tahu goreng, bakwan, singkong dan berbagai macam jenis gorengan lainnya. Agar tempat jualan kalian terlihat lebih bersih sebaiknya gunakan etalase ataupun grobak yang memang sengaja kalian buat untuk berjualan di rumah. Walaupun hanya berjualan gorengan saja namun usahakan tempat yang digunakan bersih sehingga para pelanggan akan senang membeli gorengan di tempat kalian.

  • Kue Basah

Kemudian jenis usaha lainnya yaitu menjual kue basah yang biasanya menjadi pelengkap berbagai macam acara seperti arisan.  Jika memulai usaha ini kalian harus mengorbankan waktu tidur kalian dengan bangun lebih awal untuk membuat kue basah tersebut. Hal ini karena kue basah memang identik dijual pagi hari untuk teman minum kopi ataupun teh. Bagi kalian yang mungkin ingin berjualan kue basah di rumah namun tidak memiliki kemampuan untuk membuatnya, kalian jangan bersedih hati. Kalian bisa menjadi agen sehingga kalian hanya menjualnya saja tanpa perlu membuatnya. Sebaiknya cari produsen yang menawarkan kue basah dengan banyak varian namun dengan harga yang bersaing. Hal ini karena kue basah yang harganya lebih murah biasanya akan lebih cepat laku dibandingkan dengan yang harganya mahal. Selain menjual saja sebaiknya kalian juga memberanikan diri untuk menerima pesanan. Jangan lupa untuk mempromosikan usaha sehingga nantinya akan lebih banyak orang yang memesan kue basah milik kalian.

  • Frozen Food

Usaha lain yang sedang populer saat ini dan bisa kalian jalankan di rumah yaitu usaha frozen food. Berbagai macam jenis frozen food tersebut seperti nugget, sosis, kentang goreng dan aneka jajanan lainnya. Bagi kalian yang tertarik untuk membuka usaha ini pastikan jika kalian memiliki lemari pendingin, hal ini sesuai dengan namanya yaitu frozen food dimana makanan tersebut dibekukan. Jadi susah pasti kalian memerlukan lemari pendingin untuk menyimpannya. Untuk jangka waktu simpannya cukup lama namun kalian juga harus selalu rajin melihat tanggal kadaluwarsanya.

  • Olahan Daging Ayam

Berbicara mengenai olahan ayam, masakan yang satu ini memang tidak ada matinya. Salah satu alternatif pilihannya yaitu kalian menjual ayam setengah matang yang sudah diberikan bumbu khusus. Ada baiknya kalian selalu menambah pengetahuan mengenai jenis masakan yang ada. Sehingga ayam setengah matang yang kalian jual memiliki banyak varian bumbu. Serta jangan lupa untuk terus melakukan uji coba sampai ayam yang hendak kalian jual nantinya memiliki rasa yang enak. Kalau perlu buat bumbu meresap sampai ke dalam daging tersebut, hal ini karena banyak penjual ayam goreng yang bumbunya hanya terasa pada bagian luar saja dan terkadang kurang nikmat rasanya.