Mengenal Lebih Dalam Mengenai Fintech

Spread the love

Beberapa tahun ke belakang istilah seperti fintech sering kalian dengar namun kebanyakan dari kalian juga tidak mengenal apa sebenarnya itu fintech. Fintech ini sebenarnya merupakan sebuah akronim dari kata financial dan juga technology. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa fintech merupakan layanan atau jasa keuangan yang dalam pelayanannya memadukan dengan teknologi.

Pemanfaatan Teknologi Untuk Layanan Keuangan

Pemaduan layanan dan juga teknologi akhir-akhir ini sudah bukan sebuah hal yang aneh lagi. Hal ini karena kemajuan teknologi sehingga layanan semacam itu sudah bisa terealisasi dengan baik. Keuntungan dengan adanya layanan ini yaitu antara pihak jasa keuangan dengan nasabah tidak perlu bertatap muka untuk melakukan transaksi. Transaksi bisa dilakukan dalam jarak jauh dan dengan waktu yang relatif singkat pula.

Jenis Layanan Fintech

Saat ini banyak yang salah mengartikan bahwa fintech merupakan sebuah layanan yang berbasis pada pinjaman online saja. sebenarnya hal tersebut tidak salah namun hanya kurang tepat saja. Sebenarnya di Indonesia layanan fintech ini dibagi ke dalam empat kategori. Adapun empat kategori tersebut seperti berikut ini yaitu peer-to-peer lending dan crowdfunding, market aggregator, manajemen risiko dan investigasi dan terakhir yaitu layanan berupa payment, clearing dan settlement.

Manfaat Layanan Fintech

Dengan adanya layanan seperti fintech ini tentu saja membawa manfaat tidak hanya bagi masyarakat namun juga bagi negara. Manfaat yang sudah pasti dirasakan oleh masyarakat yaitu mereka bisa merasakan kemudahan serta kecepatan pelayanan dan tentunya mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Selain itu dalam hal waktu juga lebih efisien karena masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor untuk mendapatkan pelayanan tersebut dan juga biaya yang dikeluarkan biasanya lebih murah.

Kemudian manfaat yang dirasakan oleh perusahaan keuangan itu sendiri tentu mereka akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan. Hal ini karena ada penyederhanaan dalam proses transaksi yang dilakukan. Kemudian biaya operasional yang mereka keluarkan juga bisa lebih dihemat. Kemudian manfaat yang dirasakan oleh negara yaitu merasakan  perputaran uang lebih cepat. Dengan begitu maka kesejahteraan ekonomi masyarakat bisa meningkat. Tidak dipungkiri juga dengan adanya fintech ini mereka mendukung program pemerintah yang bernama Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SKNI).

Layanan Fintech Di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu fintech serta apa saja manfaatnya bagi masyarakat, perusahaan dan negara. Maka tidak lengkap rasanya jika kalian tidak mengetahui contoh perusahaan maupun  layanan fintech di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa layanan fintech di Indonesia yang bisa kalian  ketahui informasinya atau siapa tau bisa kalian manfaatkan suatu saat nanti.

  • Amartha

Salah satu layanan yang masuk ke dalam kategori peer-to-peer lending (P2P Lending) yaitu Amartha. Dimana Amartha ini menjalankan usahanya dengan menerapkan sistem yang mereka beri nama dengan Tanggung Renteng. Sistemnya mereka akan memberikan pinjaman bukan pada perorangan namun kepada kelompok. Dimana kelompok yang akan diberi bantuan tadi harus berjumlah sekitar 15-20 orang dalam satu kelompok. Jadi cara kerja dari sistem ini yaitu jika ada salah satu anggota yang tidak mampu melunasi utang, maka anggota kelompok lain memiliki kewajiban untuk melunasinya.

  • Bareksa

Kemudian bagi kalian yang senang untuk membeli maupun menjual produk financial seperti reksa dana secara online maka Bareksa merupakan salah satu layanan yang tepat. Tidak hanya menyediakan fasilitas semacam itu ternyata Bareksa juga menyediakan berbagai macam informasi yang berhubungan dengan investasi, saham serta obligasi.

  • CekAja

Jika kalian ingin membandingkan antara satu layanan keuangan dengan layanan lainnya untuk mendapatkan layanan yang pas maka kalian bisa menggunakan CekAja. Dimana situs yang satu ini menyediakan berbagai macam informasi seputar perbandingan layanan keuangan seperti asuransi, kartu kredit dan juga berbagai macam investasi. Selain  memberikan informasi mengenai layanan keuangan, situs ini juga menyediakan informasi seputar perbandingan paket TV kabel dan juga internet. Hal yang perlu kalian ketahui perusahaan ini bagian dari C88 yang merupakan perusahaan asal Malaysia.

  • DOKU

Melakukan pembayaran secara online tentu sudah menjadi suatu hal yang biasa saat ini. Namun taukah kalian bahwa salah satu perusahaan pertama yang menerapkan sistem ini di Indonesia yaitu DOKU dimana sistem ini sudah ada sejak 2007 silam. Untuk sistem pembayaran yang disediakan juga sangat beragam seperti MasterCard, VISA dan lain sebagainya. Untuk produk yang mereka sediakan yaitu ada tiga produk seperti DOKU Wallet, DOKU Enterprise dan juga DOKU My Shopping Cart. Dimana ketiga produk tersebut memberikan bentuk layanan yang berbeda antara satu dan lainnya.

  • GO-PAY

Bagi kalian pengguna GO-JEK pasti tidak asing lagi dengan GO-PAY. Dimana layanan GO-PAY ini mendukung semua layanan yang ada di dalam GO-JEK dimana layanan tersebut digunakan untuk pembayaran non-tunai. Untuk bisa menggunakan layanan ini kalian harus mengisi saldo terlebih dahulu baru nantinya kalian bisa menggunakan GO-PAY untuk melakukan berbagai macam transaksi yang diperlukan. Selain itu GO-PAY juga menyediakan layanan  lainnya seperti transfer saldo dan juga penarikan tunai.